*****Selamat Datang di DuniaKitaDotCom - Tempat berbagi apa yang layak dibagi - Memulai dari hal kecil untuk sesuatu yang besar - Dukung kami dengan meninggalkan komentar yang baik, sopan dan membangun - Terimakasih - *****

Sabtu, 02 Juni 2012

MENGATASI KEJENUHAN SAAT BELAJAR

Mengatasi Kejenuhan BelajarBelajar memang menjadi sebuah kewajiban. Namun ada saatnya kita merasa jenuh dengan rutinitas belajar kita. Hal itu juga yang mungkin dirasakan oleh anak-anak Anda yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa. Berikut adalah tips untuk mengatasi kejenuhan belajar
 
    Jika kejenuhan tersebut tidak segera diatasi, dikhawatirkan akan menimbulkan perasaan malas dan bisa sampai menurunkan prestasi belajar. Untuk itulah mengatasi kejenuhan belajar adalah hal yang perlu dilakukan dengan segera. 

    Perasaan jenuh adalah kondisi dimana seseorang sudah mengalami tingkat kebosanan yang amat sangat karena rutinitasnya. Hal ini biasanya disebabkan karena rutinitas yang dilakukan secara terus-menerus, monoton, dan tidak berubah-ubah dalam waktu lama. 

    Seperti belajar yang biasanya dilakukan dengan metode yang itu-itu saja, dilakukan di satu tempat yang tidak berubah-ubah, kelelahan yang menumpun tanpa diimbangi dengan hiburan, mengalami ketegangan dan tekanan saat belajar. 

    Ketegangan atau perasaan tertekan saat belajar bisa saja terjadi karena beban pelajaran yang dianggap terlalu berat. Belum lagi tuntutan dari orang tua untuk selalu berprestasi, guru yang galak, dan tekanan-tekanan lain yang bisa membuat stres. 

    Jika anak Anda mengalami hal ini, sebaiknya tidak dibiarkan. Karena hal tersebut akan semakin membuatnya bertambah malas untuk belajar. Ia pun akan kehilangan semangat belajarnya dan tidak lagi bergairan menghadapi pelajaran yang ada didepannya. 

    Saat kejenuhan sudah mencapai puncaknya, ia akan sulit berkonsentrasi. Hal ini bisa membuatnya menjadi tidak mau belajar dan tentunya bisa berdampak pada prestasinya di sekolah. Untuk itu, sebagai orang tua sebaiknya Anda tahu tips-tips untuk mengatasi kejenuhan berikut ini. 

    Saat anak Anda belajar di rumah, buatlah suasana senyaman mungkin. Pastikan anak Anda merasa betah di tempat tersebut. Jika anak Anda menyukainya, Anda bisa memutar lagu instrumen yang tenang atau mungkin lagu-lagu yang disukai anak Anda. 

    Setiap kali mendapatkan materi baru disekolah, Anda bisa membantu anak Anda untuk selalu membuat ringkasan materinya dengan gaya penulisan yang unik dan mudah diingat. Hal ini juga bisa merangsang kreativitas anak Anda. 

    Ringkasan pelajaran tersebut bisa ditulis pada kertas-kertas kecil untuk ditempelkan di beberapa titik ruangan yang mudah terlihat. Dengan demikian, anak Anda akan dengan mudah mengingat pelajarannya. 

    Undanglah teman-temannya sesekali untuk belajar bersama di rumah. Hal itu akan menambah semangat belajar anak Anda. Hindari memberikan tekanan pada anak Anda, karena itu tidak akan memacunya belajar, tapi hanya akan membuatnya stres. 

    Jangan lupa untuk melakukan kegiatan hiburan, seperti rekreasi keluarga atau sekedar jalan-jalan. Hal tersebut dapat membantu menghilangkan kelelahan dan mengatasi kejenuhan belajar. Selamat mencoba. 

Sumber : http://www.melindahospital.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar