*****Selamat Datang di DuniaKitaDotCom - Tempat berbagi apa yang layak dibagi - Memulai dari hal kecil untuk sesuatu yang besar - Dukung kami dengan meninggalkan komentar yang baik, sopan dan membangun - Terimakasih - *****

Selasa, 12 Juni 2012

MANFAAT OLAHRAGA LARI

Manfaat Olahraga Lari Olahraga lari atau jogging merupakan salah satu jenis aktivitas fisik yang bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Selain tidak memerlukan biaya yang banyak, olahraga gratis ini memiliki segudang manfaat. Berikut ini beberapa manfaat olahraga lari yang bisa Anda dapatkan :
  • Memperlancar peredaran darah dan pernapasan sehingga membuat jantung lebih kuat.
  • Terhindar dari gangguan pencernaan.
  • Menjauhkan Anda dari hormon stres dan depresi, serta mengundang hormon bahagia.
  • Meningkatkan konsentrasi sehingga kehidupan lebih aktif.
  • Membantu membakar lemak dan bentuk tubuh lebih ideal sehingga meningkatkan rasa percaya diri Anda.
  • Membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.
  • Membantu memperbaiki selera makan.
  • Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung.
    Jika Anda merasa lelah setelah berolahraga lari, kemungkinan aktivitas tidak dilakukan dengan benar. Olahraga lari memberikan kesenangan baik fisik maupun mental dan merasakan nyaman di otot selama ataupun sesudah jogging.
   Lakukan pemanasan kemudian peregangan sebelum memulai olahraga lari. Untuk memulainya, bergerak dengan lambat dalam beberapa ratus meter sebagai pemanasan otot. Perlahan-lahan tambahkanlah kecepatan Anda.
    Makanlah beberapa jam sebelum berlari dan pilihlan makanan lambat serap sehingga dapat memberikan pasokan energi bagi tubuh. Perhatikan alas kaki, pastikan Anda mengenakan sepatu dan kaus kaki atletik. Resiko yang bisa Anda dapat ketika mengenakan alas kaki tidak tepat untuk berlari adalah keseleo, cedera lutut dan lecet.
    Perhatikan juga track jogging agar terhindar cedera. Hindari tanjakan curam, permukaan berbatu atau hambatan lainnya. Berikan tubuh Anda kelonggaran, istirahat yang cukup dan jangan memaksakan tubuh berlari keras setiap harinya. Jangan lupa lakukan pendinginan untuk mencegah kram atau salah urat usai latihan.
    Jika Anda tidak terbiasa dengan latihan fisik, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai aktivitas lari. Walaupun bisa dilakukan kapan pun, tetapi lebih baik berlari di pagi hari karena udara masih segar. Selamat mendapatkan manfaat olahraga lari.

Sumber :  http://www.melindahospital.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar