*****Selamat Datang di DuniaKitaDotCom - Tempat berbagi apa yang layak dibagi - Memulai dari hal kecil untuk sesuatu yang besar - Dukung kami dengan meninggalkan komentar yang baik, sopan dan membangun - Terimakasih - *****

Rabu, 16 Mei 2012

DOWNLOAD BUKU KURIKULUM RESMI PSSI UNTUK PEMBINAAN SEPAK BOLA

PEMBINAAN SEPAK BOLA USIA DINI & USIA MUDA INDONESIA

Tidak adanya kemajuan berarti dalam hal prestasi sepakbola Indonesia saat ini, tak lepas dari masalah pembinaan sepakbola usia dini dan usia muda di Nusantara yang selama bertahun-tahun tidak pernah diperhatikan. Padahal banyak sekali talenta berbakat di segala penjuru Nusantara, serta banyak sekali Sekolah Sepak Bola (SSB) yang tersebar di negara ini.

Fondasi membentuk Timnas Senior yang tangguh harus dimulai dengan mempersiapkan pemain sejak usia dini. Persiapan pemain sejak usia dini ini memerlukan suatu kurikulum standar yang mengajarkan dasar-dasar sepak bola yang benar dan tepat. Dengan melaksanakan kurikulum ini secara konsisten, dalam beberapa tahun ke depan diharapkan Indonesia dapat memiliki pemain-pemain yang handal dari seluruh tanah air, yang dapat membawa Indonesia dalam posisi terhormat di Asia dan Dunia dan dapat bermain di klub-klub Asia dan Eropa.

Pada tanggal 4 Mei 2012, Timo Scheunemann, Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI, telah menyelesaikan pembuatan Kurikulum & Pedoman Dasar Sepak Bola Indonesia Untuk Usia Dini (U5-U12), Usia Muda (U13-20) dan Senior”. Kurikulum yang diramu dari berbagai sumber kurikulum yang diterbitkan AFC, UEFA maupun FIFA ini, dibuat sesuai kondisi yang ada di Indonesia.

Kurikulum ini diharapkan dapat disebarkan ke SSB-SSB dan sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, dan dapat dijadikan panduan bagi pelatih sepak bola dalam melatih pemain usia dini dan usia muda. Untuk dapat memahami dan melaksanakan kurikulum ini diperlukan kesungguhan dan usaha yang maksimal dari seorang pelatih untuk selalu belajar, mempersiapkan latihan secara maksimal dan berinteraksi dengan pemain dengan penuh rasa tanggung jawab.

Kurikulum ini tidak dibuat hanya untuk pelatih SSB saja, melainkan juga untuk orang tua dan guru, karena penerapan kurikulum ini bisa dimulai dari rumah dan sekolah. Orang tua dan guru yang sesungguhnya dasar dari seorang anak untuk memulai bermain sepakbola. Dalam kurikulum tersebut terdapat standar metode pelatihan yang tepat untuk setiap kategori usia, demikian pula penjelasan mengenai pola makan dan gizi yang tepat.

“Kurikulum & Pedoman Dasar Sepak Bola Indonesia Untuk Usia Dini (U5-U12), Usia Muda (U13-20) dan Senior” ini tidak untuk diperjualbelikan, dapat diunduh secara bebas dan gratis, serta dapat diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Peran serta para insan yang peduli dengan masa depan sepakbola Indonesia sangat diharapkan untuk dapat menyebarkan kurikulum ini sampai ke pelosok-pelosok Nusantara.

Silahkan download di beberapa Link di bawah ini, tinggal pilih!!
Download Part 1 dan Part 2 nya!!



MIRROR 1 (Dropbox)
Part 1
Part 2
MIRROR 2 (MediaFire)
Part 1
Part 2
MIRROR 3 (Indowebster)
Part 1
Part 2
MIRROR 4 (4shared)
Part 1
Part 2
MIRROR 5 (Google Docs)
Part 1
Part 2
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Semoga rekan-rekan guru,pelatih dll bisa memilikinya dan mengaplikasikan ke anak didiknya..

    Salam Olahraga

    Hidup Persepakbolaan Indonesia

    BalasHapus
  2. makasih banyak nih gan untuk sesi latihan sepak bolanya, salam kenal ya permainan sepak bola

    BalasHapus